Penjelasan VPN Serta Kegunaannya

1. Apa itu VPN?

VPN merupakan kependekan dari Virtual Private Network (Jaringan Privat Virtual) yaitu sebuah koneksi private melalui jaringan public yang bersifat virtual atau bukan riil (dalam hal ini internet). VPN memungkinkan Anda menjelajahi web sebagai anonim dengan aman dari mana saja. Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi. VPN melindungi Anda dengan cara membuat terowongan terenkripsi yang menyambungkan komputer Anda ke internet, hotspot Wi-Fi, dan jaring lainnya


2. Cara kerja VPN 


Cara kerja vpn dapat kalian lihat seperti gambar berikut.


https://4.bp.blogspot.com/-K-eN3r1Ynd4/W-JrYHA7dEI/AAAAAAAABRc/xzH2X5uYOCgBW4_igBv2bHjlkLHOTEyoACLcBGAs/s1600/vpn.jpg

Dari gambar tersebut dapat kita simpulkan beberapa hal antara lain : 

 • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router.

• Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.

• Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.



3. Kelebihan dan Manfaat VPN



Setelah mengetahui apa itu VPN dan bagaimana cara kerja VPN, maka saatnya kita memahami apa saja manfaat VPN itu sendiri. Sebenarnya ada banyak manfaat saat kita menggunakan VPN. Beberapa yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Mengganti IP Asli dengan IP Anonim 
Salah satu manfaat VPN adalah melindungi IP asli pengguna dengan cara menyembunyikannya dan mneggantinya dengan IP server VPN. Sederhananya, ketika Anda terhubung ke VPN, maka IP asli Anda (yang diberikan oleh ISP) digantikan dengan salah satu IP server VPN. 

  • Mengenkripsi Data Anda 
Enkripsi adalah suatu metode untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga hanya pihak yang berwenang yang dapat mengaksesnya, dan VPN merupakan alat terbaik untuk mengenkrpsi data. Bila anda mentransfer data melalui internet, data tersebut akan dikirim dalam bentuk paket. Paket-paket data ini dapat dengan mudah disadap oleh siapapun yang menggunakan program-program sederhana yang tersedia di internet. 

  • Menghindari Sensor dan Geo-Restriction (Pembatasan secara Geografi) 
Saat ini, sensor dan pembatasan hak-hak kebebasan dalam berbicara di internet meningkat dengan cepat, baik itu dilakukan oleh pemerintah, atau pihak-pihak tertentu. Di banyak daerah di dunia, Anda tidak diperbolehkan untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat. Oleh karena itu, penggunaan VPN juga meningkat dengan cepat. VPN merupakan solusi terbaik untuk menghindari Sensor dan Geo-Restriction. 

  • Mengakses Website dan Apps yang Diblokir dari mana saja dan kapan saja 
Beberapa negara atau daerah memblokir konten (misalnya video atau informasi tertentu) mereka sehingga tidak bisa diakses dari luar. Hampir mustahil untuk mengakses konten tersebut, kecuali anda berada di daerah tersebut secara fisik. Namun dengan VPN, Anda bisa mengakses konten-konten tersebut. Cukup dengan hanya menyamarkan IP anda dengan salah satu IP negara tersebut, maka Anda dapat mengakses konten yang hanya bisa di akses dari dalam negara tersebut karena sistem akan mendeteksi jika anda berada di negara tersebut (meskipun sebenarnya anda tidak disana). 

  • Melindungi dan Mengamankan Data saat Anda Menggunakan Koneksi WiFi Umum 
Bila Anda menggunakan koneksi WiFi di tempat umum (misalnya di bandara atau di cafe), seluruh aktivitas browsing Anda saat terhubung ke wifi bisa diawasi dan dimata-matai oleh siapapun. Sangat mungkin bagi orang yang berada di sampung anda dapat membaca data atau informasi yang anda kirim atau terima. Bagian terburuknya, sangat mudah bagi para hacker untuk menciptakan fake Wi-Fi, yang dapat membingungkan anda untuk mengetahui jika anda terhubung dengan wifi yang asli atau atau wifi jebakan. Ketika terhubung ke WiFi publik, maka anda menggunakan jaringan yang tidak aman. Semua data dan informasi yang anda kirim, termasuk yang paling sensitif seperti informasi kartu kredit, dapat dengan mudah dicuri oleh hacker. Namun dengan enkripsi kelas militer yang kuat. VPN dapat melindungi dan mengamankan session browsing Anda dan menjaga agar data yang Anda kirim tetap aman dari hacker.

  • Akses yang Tidak Terbatas untuk Wisatawan 
Apakah Anda sering bepergian ? Apakah Anda kehilangan acara dan film favorit yang ditanyangkan di saluran negeri ? Nah, dengan VPN, Anda bisa mengakses saluran negara Anda dan menonton semua film favorit Anda dari mana saja. Wisatawan biasanya menghadapi masalah ketika mereka tidak bisa mengakses profil online dan rekening bank mereka karena IP yang digunakan berbeda dari negara asal mereka. Apabila Anda menghadapi masalah ini ? Cukup dengan menggunakan VPN, maka semua masalah Anda diatas akan selesai.


  • Remote Access
Dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet



4.Kekurangan dari VPN

Selain kelebihan dan manfaat dari vpn di atas berikut beberapa kekurangan dari penggunaan VPN :

  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "menumpang" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.


Nah berkut tadi adalah penjelasan , cara kerja, kelebihan , dan kekurangan dari VPN. Bila ada yang kurang silahkan komen di bawah dan jangan lupa di share.

Selamat berselancar di dunia maya dan selalu ingat


 “ENJOY YOUR LIVES TO THE FULLEST “

Post a Comment

0 Comments