Cara membuka situs yang terblokir

Tentunya kalian pasti merasa kesal saat situs yang biasa di kunjungi terblokir oleh ISP atau pihak penyedia layanan internet di wilayah negara tersebut. Seperti saya yang suka membuka situs reddit tetapi situsnya terblokir di wilayah negara saya. Saya akan memberikan beberapa cara yang ampuh untuk membuka situs – situs yang terblokir tersebut.


Berikut ini merupakan cara – cara yang bisa kalian lakukan untuk membuka situs yang terblokir :

 
1. Menggunakan Proxy

Apa itu proxy..? Proxy adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau program komputer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet. Penggunaan proxy bisa menggunakan situs web proxy atau bisa juga mengganti proxy secara manual di jaringan internet kalian. Kalian bisa mengambil dari situs – situs penyedia proxy bila ingin mengganti manual.
Contoh web proxy antara lain : webproxy.to , whoer.net , unblocksites , dan lain - lain.
Contoh situs penyedia proxy antara lain :spy one , proxy nova , freeproxylist.net ,dan lain - lain. 

Baca juga artikel ini : pengertian proxy serta kegunaannya. 

2. Menggunakan VPN

Apa itu VPN..? VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi private melalui jaringan publik dalam bentuk virtual atau tidak riil (dalam hal ini internet). Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Penggunaan VPN bisa menggunakan aplikasi browser Opera (opera sudah tersedia vpn baik untuk desktop maupun android ) , bisa menggunakan aplikasi milik penyedia vpn ( biasanya berbayar) , atau bisa juga menggunakan add on yang tersedia untuk web browser baik Mozilla maupun Chrome.

Contoh aplikasi vpn : Express vpn , Nord vpn , cyber ghost , dan lain - lain.
Contoh add on vpn :browsec vpn , touch vpn , hoxx vpn , dan lain - lain.

Baca juga artikel ini : penjelasan tentang Vpn dan kegunaannya


3. Mengganti DNS

Membuka situs – situs yang terblokir bisa juga mengganti DNS kita dengan DNS lain ( misalnya menggunakan DNS Google : 8.8.8.8 atau 8.8.4.4). Tetapi bila alamat ip anda sudah terbokir cara ini tidak akan bekerja. 
contoh : 




4. Mengganti alamat IP 

Sama seperti proxy dan VPN cara ini terbukti ampuh hingga saat ini. Anda dapat mengganti alamat Ip dengan menggunakan aplikasi dari penyedia IP changer seperti HidemyIP . Aplikasi pengganti IP ini juga tersedia dalam bentuk add on di browser Mozilla maupun Chrome.


5. Menggunakan Cache Google

Kamu dapat menggunakan cache Google untuk mengakses situs yang diblokir. Google memiliki algoritma yang membantu menyimpan situs cache yang memungkinkan kamu melihat data situs cache, bahkan setelah mereka diblokir. Langkah pertama adalah ketik alamat situs yang ingin kamu lihat, dan kemudian klik tombol pencarian. Setelah pencarian, kamu akan melihat hasilnya dengan panah menghadap ke bawah, klik tanda panah ke bawah, dan kemudian klik cache tersebut untuk mendapatkan akses ke situs yang telah dibatasi dari mengakses.

 









 Hasilnya 








Nah tadi adalah cara – cara yang bisa digunakan untuk membuka situs – situs atau web yang terblokir. Bila ada yang kurang ataupun ingin memberi masukan bisa kalian tambahkan di kolom komen di bawah.






 

Selamat berselancar di dunia maya dan jangan lupa share .



 “ ENJOY YOUR LIVES TO THE FULLEST ” .

Post a Comment

0 Comments